Powered by Blogger.

Monday 9 January 2017

Tag:

Tips and Trik menangani berita Hoax


Tips mengetahui berita HOAX :

Dengan cara membaca berita tersebut apakah berita tersebut mengandung unsur 5W + 1H
jika berita tersebut tidak mengandung unsur 5W+1H maka berita tersebut termasuk berita HOAX!!!


contoh nya :
  
Bayi naga di dalam toples

Kisah lain yang bersumber dari WWN dan sering dianggap sebagai kebenaran adalah kisah mengenai bayi naga di dalam toples atau pickled dragon. Kisah ini beredar pada Desember 2003 dan disertai dengan sebuah foto.


Disebutkan kalau seorang pria bernama David Hart dari Inggris memiliki bayi naga yang diawetkan di dalam toples di dalam garasi mobilnya di Oxfordshire. Namun, kisah tersebut ternyata cuma hoax karena bayi naga itu sebenarnya adalah sebuah model yang digunakan oleh BBC untuk membuat film dokumenter “Walking with Dinosaurus”.

Cara pelaporan Berita Hoax Di Sosial   media: 
Pengguna bisa melakukan screen capture disertai url link, kemudian mengirimkan data ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Kiriman aduan segera diproses setelah melalui verifikasi.

Kerahasiaan pelapor dijamin dan aduan konten dapat dilihat di laman web trustpositif.kominfo.go.id.

Laporan database Trust+Positif sampai dengan 2016 mencatat konten negatif yang diblokir sebesar 773.339. Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan konten yang tergolong konten negatif antara lain, pornografi, SARA, penipuan atau perdagangan ilegal, narkoba, perjudian dan radikalisme.

Selain itu, informasi yang diungkap akun Twitter Indonesia Baik ‏@GPRindonesia juga menyebut konten yang termasuk konten negatif seperti kekerasan, kekerasan anak, malware dan phising serta pelanggaran kekayaan intelektual. 

PESAN :


  1. Bacalah isi berita terlebih dahulu.
  2. Jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar dengan cepat.
  3. Pastikan terlebih dahulu kebenaran berita tersebu.

About Arta Gunawan

0 comments:

Post a Comment